Disnakeswan Siap Kawal Pelaksanaan Qurban 1442 H

  • Minggu, 01 Juli 2021 - 20:38:54 WIB
  • drh. S. Wahyudi, M.Si
Disnakeswan Siap Kawal Pelaksanaan Qurban 1442 H

Seperti kegiatan setiap tahunnya, pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1442 H tahun ini pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sudah menyiapkan pemeriksaan Hewan Qurban di Kabupaten Lombok Timur. Permeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan Ante Mortem atau pemeriksaan sebelum hewan qurban disembelih dan Pemeriksaan Post Mortem atau Pemeriksaan Setelah disembelih/pemeriksaan kesehatan daging dan ikutannya.

Pemeriksaan Ante Mortem dan Post Mortem ini dilakukan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Timur, bersama dengan petugas UPT Puskeswan dan Peternakan dengan melibatkan Dokter Hewan, Paramedis dan tenaga lainnya dalam rangka melakukan pendataan-pendataan lokasi penyembelihan terutama di Masjid-masjid, Musholla dan serta tempat lainnya seperti Madrasah dan Yayasan penyelenggara Qurban. Selain itu untuk memastikan kesehatan hewan terhadap hewan qurban dilakukan pendataan dan pemeriksaan di lokasi-lokasi penampungan atau perdagangan hewan qurban yang ada di setiap desa/kecamatan.

Sementara itu, sampai saat ini berdasarkan proyeksi yang dikeluarkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, perkiraan pemotongan Hewan Qurban 1442 H/2021 di Kabupaten Lombok Timur mencapai 3.034 ekor yang tersebar di pada 21 kecamatan. Jumlah ini terdiri dari sapi sejumlah 1.506 ekor, kambing 1.471 ekor, domba 30 ekor dan kerbau sebanyak 28 ekor. Jumlah ini diperkirakan meningkat sebesar 3,23 % dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2020 sebanyak 2.711 ekor.

Untuk membantu lancarnya pemeriksaan Ante Mortem dan Post Portem Hewan Qurban, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan menurunkan personil mencapai 53 orang yang terdiri dari Medik Veteriner dan Paramedik Veteriner serta tenaga teknis lainnya di seluruh kecamatan, dimana pemeriksaan Ante Mortem telah dimulai jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan Qurban dan pemeriksaan Post Mortem ketika mulai penyembelihan hewan Qurban di hari Raya idul Adha sampai H+2 pasca Idul Qurban.

 

 

 

 

 

 

 

  • Minggu, 01 Juli 2021 - 20:38:54 WIB
  • drh. S. Wahyudi, M.Si

Berita Terkait Lainnya