Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kolaborasi dengan Polres Lotim Adakan Rangkaian Kegiatan Peringati World Rabies Day

  • Selasa, 28 September 2021 - 13:48:45 WIB
  • drh. S. Wahyudi, M.Si
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kolaborasi dengan Polres Lotim Adakan Rangkaian Kegiatan Peringati World Rabies Day

Dinas Peternakan dan Kesehatan Kabupaten Lombok Timur berkolaborasi dengan Kepolisian Resor (Polres) Lombok Timur mengadakan rangkaian kegiatan untuk memperingati World Rabies Day atau Hari Rabies Sedunia Tahun 2021, sejak tanggal 28 hingga 30 September.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) dan Hari Rabies Sedunia tersebut yakni sterilisasi HPR, pelayanan vaksinasi dan pengobatan serta konsultasi pelayanan Kesehatan hewan untuk masyarakat luas yang bertempat di Lapangan Polres Lotim, yang dimulai hari ini (28/9).

Kemudian kegiatan dilanjutkan selama 2 hari yakni 29 hingga 30 September dengan memberikan makanan tambahan bagi hewan kesayangan jalanan (street feeding) yang tidak berpemilik berkolaborasi Rumah CLOW (Cat Lover in The World), Jakarta. Mas Bimbin sebagai pemilik Rumah CLOW sendiri menceritakan bahwa saat ini Rumah CLOW memiliki 7 shelter atau rumah singgah kucing jalanan yang menampung sekitar 800 ekor kucing jalanan, juga anjing dan kera yang tersebar di beberapa daerah antara lain Jakarta,Parung Bogor dan Manado serta memiliki klinik Kesehatan hewan.

Pada hari pertama kegiatan ini tidak kurang dari 80 ekor hewan kesayangan khususnya kucing mendapatkan pelayanan vaksin rabies, pengobatan dan konsultasi Kesehatan hewan, sterilisasi dan kastrasi serta vaksinasi lainnya untuk pencegahan penyakit hewan kesayangan.

Menurut WHO lebih dari 99 % kasus rabies pada manusia terjadi akibat dari gigitan anjing yang terinfeksi. Rabies merupakan penyakit zoonosis yang dapat dicegah dengan vaksinasi.

Hari Rabies Sedunia adalah sebuah kampanye global yang diselenggarakan pada tanggal 28 September setiap tahunnya. Peringatan Hari rabies Sedunia dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pencegahan dan pengendalian penyakit Rabies.

 

  • Selasa, 28 September 2021 - 13:48:45 WIB
  • drh. S. Wahyudi, M.Si

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait