GERMAT, Momentum Peringati Hari Telur Sedunia

  • Jumat, 08 Oktober 2021 - 21:42:59 WIB
  • drh. S. Wahyudi, M.Si
GERMAT, Momentum Peringati Hari Telur Sedunia

Germat atau Gerakan Makan telur menjadi isi himbauan Bupati Lombok Timur yang ditujukan kepada kepala OPD se-Kabupaten Lombok Timur, Camat, dan pimpjnan BUMN/BUMD yang ada di Kabupaten Lombok Timur. Himbauan ini awalnya didasari oleh kondisi para peternak ayam petelur yang saat ini berproduksi banyak tetapi tidak terserap pasar sehingga keadaan ini menyebabkan banyak peternak merugi. Langkah untuk membantu penyerapan produksi telur peternak ini dengan cara membeli telur lokal untuk konsumsi sehari-hari, juga untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat melalui pembelian telur produk peternak lokal minimal 1 (satu) tray per ASN.

Bertepatan dengan peringatan Hari Telur Sedunia, yang jatuh setiap hari Jumat minggu Ke-2 di bulan Oktober setiap tahunnya, dan jatuh pada (8/10) tahun 2021 ini, Gerakan Makan Telur bagi semua nampaknya relevan dengan ajakan untuk menumbuhkan kesadaran mengkonsumsi telur oleh masyarakat. Di belahan bumi lainnya,  Hari Telur Sedunia diperingati dengan berbagai macam cara, mulai dari membagikan resep favorit olahan telur di media sosial, menyebarkan informasi tentang pentingnya konsumsi telur, festival telur, pemberian program penghargaan hingga mencoba memecahkan rekor dunia dan sebagainya.

Telur menjadi salah satu makanan yang murah jika dibandingakan dengan sumber penghasil protein lainnya. Telur adalah salah satu makanan sumber protein dan sarat dengan 13 vitamin dan mineral, asam lemak omega-3 dan antioksidan, menjadikan telur sebagai pilihan yang populer bukan tanpa alasan. Selain itu, beberapa zat gizi dalam telur dapat menyehatkan tubuh dan mengurangi risiko penyakit. Protein berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan pada dasarnya hampir semua fungsi sel. Zat gizi inilah yang membentuk setiap sel dan jaringan penyusun tubuh manusia, seperti otot, otak, peredaran darah, tulang, dan masih banyak lagi.

Tubuh perlu protein untuk menjalankan proses metabolism, membentuk energi, menyembuhkan luka, dan menghasilkan hormon. Konsumi satu butir telur setiap hari membantu menyediakan protein yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi ini.

Telur mengandung dua antioksidan lutein dan zeaxanthin bermanfaat bagi kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin yang Anda dapatkan dari telur biasanya terkumpul pada retina dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

Beberapa penelitian lama juga menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin membantu mengurangi risiko penyakit katarak dan degenerasi nakula. Keduanya merupakan penyakit yang umum menyebabkan kebutaan pada pasien lanjut usia.

Telur mengandung kolin, yaitu zat mirip vitamin B yang penting dalam perkembangan otak selama kehamilan. Pada sel otak manusia, kolin mempercepat pelepasan protein yang diperlukan dalam pembentukan memori dan beberapa fungsi otak lainnya.

Studi menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan banyak asupan kolin cenderung memiliki kemampuan kognitif dan memori yang lebih baik. Cara paling mudah untuk mendapatkan manfaat kolin yakni dengan mengonsumsi telur setiap hari.

Selain itu momentum peringatan Hari Telur Sedunia dalam rangka membangun penghidupan yang layak, Industri telur merupakan sumber pendapatan yang signifikan bagi peternak ayam petelur di dunia, tak terkecuali di Lombok Timur. Meskipun kondisi saat ini masih menyebabkan kerugian di peternak namun dengan kesadaran konsumsi telur, melalui Gerakan-gerakan makan telur minimal 1 butir per orang per hari saja bisa meningkatkan nilai gizi masyarakat dan tentunya membantu perekonomian khususnya untuk masyarakat peternak ayam petelur dapat bergerak, karena telur menjadi salah satu sumber protein hewani yang murah dan terjangkau bila dibandingkan dengan sumber protein lainnya seperti daging dan susu.

Ayo Satu Hari Satu Telur,,,,,,,,



 

 

 

  • Jumat, 08 Oktober 2021 - 21:42:59 WIB
  • drh. S. Wahyudi, M.Si

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait